Klarifikasi BPKN Tentang Pengaduan Produk Kanemochi Beauty Skincare

Klarifikasi BPKN Tentang Pengaduan Produk Kanemochi Beauty Skincare

Liputan6.com, Jakarta Sesuai dengan Undang-Undang no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (UUPK), pasal 34 huruf (f), Badan Perlindungan Konsumen Nasional mempunyai tugas antara lain menerima pangaduan tentang perlindungan konsumen dari masyarakat, lembaga perlindungankonsumen swadaya masyarakat atau pelaku usaha. 
Terkait dengan salah satu tugas BPKN, pada tanggal 27 Juli 2023 BPKN menerima pengaduan konsumen terkait dengan produk Kanemochi Beauty dengan Nomor Tanda lapot Pengaduan Konsumen (TLPK): 0584/TLPK-OL/Ok.3/07/2023 terhadap adanya dugaan tidak dicantumkannya tanggal kadaluarsa. 
“Pada kesempatan ini, perlu kami sampaikan dan jelaskan terkait dengan penanganan pengaduan produk tersebut terdapat kekeliruan terkait dengan pengaduan konsumen dan penyampaian pernyataan dari Wakil Ketua BPKN pariode 2020-2023, Bapak Dr. Mihammad Lufti Mubarok,” ucap Primasetya selaku Pelaksana Tugas Sekretaris BPKN. 
Kepala Bagian Advokasi BPKN Achmad Nurhakim menyampaikan sesuai dengan prosedur yang ada, BPKN menerima pengaduan dari konsumen selaku pembeli produk, dan telah menindaklanjutinya dengan melakukan verifikasi konsumen dan telah koordinasi validasi produk Kanemochidengan Beauty dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam melanjutkan proses penerimaan pengaduan.
Dilanjutkan dengan telah dilakukannya undangan klarifikasi dengan pelaku usaha Kenamochi Beuaty, serta dilanjutkan dengan mengundang pertemuan para pihak antara konsumen dan pelaku usaha, yang dalam hal ini hanya dihadiri oleh pelaku usaha beserta kuasa hukumnya. 
“Proses koordinasi validasi produk dengan pihak BPOM tentunya untuk memberikan kepastian kepada masyarakat apakah produk tersebut aman untuk dikonsumsi dan hasil yang kami dapatkan adalah produk Kanemochi Beauty aman untuk digunakan. Setelah semua proses penerimaan pengaduan telah kami laksanakan maka kami akan tutup proses penerimaan pengaduan atas nama I. Sulistiyana dengan TLPK : 0584/TLPK-OL/Ok.3/07/2023,” jelas Primasetya.

https://www.liputan6.com/news/read/5467027/klarifikasi-bpkn-tentang-pengaduan-produk-kanemochi-beauty-skincare

Recommended For You